KEANEKARAGAMAN HAYATI

                          keanekaragaman hayati

A. konsep keanekaragaman hayati
                                            
       keanekaragaman hayati yanga ada di bumi di bedakan menjadi tiga tingkat 
yaitu keanekaragaman tingkat gen, keanekaragaman tingkat jenis (spesies), dan keanekaragaman tingkat ekosistem.adanya keanekaragaman tingkatgen menyebabkan terjadinya variasi individu" dalam satu spesies, baik dalam bentuk, fisik, sifat, warna ataupun hal lainya. Sementara itu keanekaragaman tingksat spesies akan menimbulkan keanekaragaman. Ditingkat takson yang lebih tinggi, misalnya di tingkat genus. banyaknya variasi dan beranekaragaman spesies akan menyusun ekosistem yang berbeda pula.
1.  keanekaragaman tingkat gen

gen merpukan faktor pembawa dan pengendali sifat-sifat makhluk hidup yang terdapat di dalam kromosom. kromosom itu sendiri terdapat dalam inti sel.
pada dasarnya, gen-genyang di miliki setiap makhluk hidup mengandung  perangkat yang sama, tetapi berbeda susunanya. karena susunan gen yang berbeda, setiap makhluk hidup memiliki sifat, fisiologi, anatomi, dan morfologi yang berbeda pula.
contohnya jika agan ke pantai, coba amati cangkang  kerang atau keong yang banyak terdapat di sana.
cangkang-cangkang terebut memiliki motif dan warna bermacam-macam. hal itu menunjukkan adanya keanekaragaman tingkat gen. motif dan bentuk cangkang kerang atau  keong merupakan sifat yang tampak dari luar (fenotipe). selain faktor genetik (genotipe), fenotipe suatu makhluk hidup juga di tentukan oleh faktor lingkungan. oleh karena itu, dua makhluk hidup yang memiliki gen yang sama belum tentu memiliki fenotipe yang sama pula. sebaliknya, dua makhluk hidup yang memiliki genotipe berbeda belum tentu memiliki fenotipe (morfologi) yang berbeda. semua makhluk hidup dalam satu spesies/jenis memiliki perangkat dasar penyusun gen yang sama, tetapi dengan susunan yang berbeda-beda tergantung dari induknya. hal itu menyababkan timbulnya keanekaragaman tingkat gen.
2. keanekaragaman tingkat jenis 
keanekaragaman hayati tingkat jenis menunjukkan keanekaragaman atau variasi yang terdapat pula pada berbagai jenis atau spesies makhluk hidup dalam genus yang sama. pada berbagai spesies tersebut terdapat perbedaan-perbedaan sifat. misalnya pada famili leguminosae (kacang-kacangang)
kita kenal berbagai spesies, seperti kacang tanah (arachis hypogea),dan kacang merah/buncis (phaseolus vulgaris). walaupun kacang-kacangan tersebut masih dalam satu femili, tetapi diantara mereka terdapat perbedaan sifat yang  mencolok.
3. keanekaragaman tigkat ekosistem
secara umum, ekosistem dibagi menjadi dua  macam 
         yaitu :
a. ekosistem darat (terestria)

beberapa bentuk ekosistem darat, yaitu bioma gurun atau padang pasir, bioma padang rumput atau sabana, bioma hutan hujan tropis, bioma hutan gugur, bioma taiga dan bioma tundra
b. ekosistem perairan (akuatik)
ekosistem perairan dapat di kelompokkan berdasarkan aliran airnya dan berdasarkan kadar garam (salinitas). menurut aliran airnya, ekosistem ini mencangkup ekosistem perairan mengalir (lotik) dan perairan tidak mengalir (lentik). sedangkan berdasarkan kadar garamnya di bedakan menjadi ekosistem air tawar dan ekosistem air laut.
tambahan gan
keanekaragaman tingkat ekosistem di sebabkan adanya perbedaan letak geografis setiap ekosistem.
sampai disini dulu ya gan 

3 Responses to "KEANEKARAGAMAN HAYATI"

  1. wah indah banget nih kudu dijaga nih

    ReplyDelete

  2. ka4ka.ru is a web site for all your mobile content that has a frequent update on a daily basis.
    https://tecng.com/ka4ka-ru-free-mobile-downloads/

    ReplyDelete

wdcfawqafwef

PR checker by smallseotools